Ibu Tanpa Tanda Jasa

Januari 16, 2018


" Makanan ini rasa nya ga ketelan sama mama, inget anak-anak dirumah (ga makan ini) ". Kata nya sambil membuka bungkusan tisu atau plastik berisi kue hasil "jarahan" sepulang arisan ataupun pengajian tentu nya setelah yang punya hajat mengeluarkan fatwa halal. Saya yang masih single dan unyu penyu 🐢 waktu itu cuma berfikir ahhh kata itu cuma kiasan,,masakkk iya mama ga bisa makan kue ini, ini kue cuma dua biji rasa juga enak, atuhhh kalo saya mah mau makan ya dimakan aja pulang kerumah ga usah cerita. Beresssss..

Belasan tahun setelah kejadian diatas

Ngeliat Cake di kulkas, tinggal seperempat kurang dari ukuran semula dengan warna merah menggiurkan,  rasa nya mau cepat di " hap,,nyam,,nyam.." tapi pemirsahhh saya ga tega makan cake nya karena anak-anak masih tidur. Padahal evil😈 nya udah nyuruhin siapkan air minum dua gelas kalau ga ketelan dilancarin aja pake air 😂😂. Tapi saya tetap nungguin anak-anak bangun dan makan bareng mereka. Air dua gelas tadi apa khaabarrr???? Udah saya buat untuk nyiram evil😈nya. Kesel saya di gangguin muluuukkk.

Banyak keharmonisan bawah sadar yang dibangun oleh mama. Salah satu nya waktu saya masih di Sekolah Dasar, beliau yang rajin sekali bangun tengah malam untuk sholat Tahajud sering membangunkan saya juga, bukan untuk diajak sholat bersama, tapi beliau minta ditemeni ambil wudhu. Saya manut aja bangun walaupun setengah sadar, berjalan seperti orang ngelindur. Tapi aktivitas itu terekam diotak saya ,membuat saya mengikuti jejak beliau untuk bangun Tahajud setelah saya tau manfaat sholat nya.

Banyak orang yang takut cerita tentang cinta monyet yang dirasa waktu masih seumur cherybell, tidak untuk saya, mama selayak nya teman bicara buat saya beliau menempatkan diri sebagai pendengar lebih dulu,,jika ada sesuatu yang kurang berkenan maka akan didiskusikan menjelang tidur,,beliau akan mensehati dari hati.

Kadang saya heran, tubuh tua nya tidak pernah menyurutkan niat nya untuk selalu bergerak aktif, lain dengan saya capek sedikit tepar nya kebanyakan. Beliau lebih suka ke pasar jalan kaki dari pada diantar pakai kendaraan, alasan nya sederhana, lebih mudah menegur sapa orang kata nya. Mama hobi  Jalan-jalan memang semangat untuk jalan pantang mundur walau asam urat sudah menjamur. Beliau suka mecoba hal baru, tidak pernah saya dengar kenyiyiran nya kalau ada sesuatu yang kurang berkenan di hati. Dari nya saya belajar berfikir positif atas segala takdir yang ditetapkan Illahi...

Tulisan singkat ini tak pernah bisa menggambarkan perjuangan demi perjuangan yang mama saya lakukan untuk keluarga nya., saya dedikasikan untuk mama saya , Mama Roha Bakri.

Mom you are great role model





You Might Also Like

1 komentar

  1. Jadi inget waktu kecil paling suka gangguin mama makan, blm kenyang rasanya klo blm dpt suapan syg dari mama

    BalasHapus