Kunjungan Edukasi ke Pemadam Kebakaran

Desember 24, 2018


Pic by Ely Kur

Sabtu ,22 Desember 2018 Kami ikutan playdate bareng Rumbel Barelang Komunitas Ibu Profesional Batam ke   Pemadam Kebakaran ( Damkar ), di daerah Sukajadi - Batam.


Playdate kali ini bertujuan untuk mengenalkan salah satu jenis profesi yaitu Pemadam Kebakaran. Seminggu sebelum berangkat playdate , saya sounding ke anak-anak kalau kami akan berkunjung ke Damkar dan menjaga kesehatan mereka dengan istirahat cukup dan tidak makan juga minum sembarangan. Maklum lah , kami sangat berharap bisa ikut ke Damkar dan tidak terhalang dengan kata “sakit”. Alhamdulillah, Allah lancarkan niatan kami.

Pic taken by July Asti

Diawali dengan pembukaan dari ketua Rumbel Barelang Playdate yaitu Ibu Sunarni, beliau memberikan  ice breaking dengan mengajak anak-anak menyanyi. Lalu acara di lanjutkan oleh petugas Damkar . Bapak-bapak petugas Damkar ini juga sangat ramah kepada anak-anak, jadi anak-anak merasa lebih enjoy menikmati setiap kegiatan dan pelatihan yang diberikan.

Sambutan ketua Rumbel Barelang Playdate , Ibu Sunarni

Pelatihan pertama yang di ajarkan yaitu cara menangani darurat kebocoran gas, walaupun pelatihan ini ditujukan untuk orang tua tapi anak-anak juga ikutan takjub dengan “atraksi” Pak Pemadam untuk memadamkan api ketika ada kebakaran akibat kebocoran gas.

Petugas Pemadam memberikan latihan darurat kebocoran gas

Selanjut nya latihan memadamkan api besar dengan selang. Anak-anak diminta berbaris rapi dan berjalan menuju tempat latihan diruang terbuka, karena yang akan di padamkan api nya cukup besar. Anak-anak diminta memegang selang air nya bersama-sama dengan tangan kanan mereka dan posisi kaki seperti posisi kuda-kuda. Jarak 3 meter dari mereka sudah di sulut api dalam tong besar yang harus mereka padamkan. Pak Pemadam memberi aba-aba dan mereka bersiap menyemprotkan air ke arah api sampai api nya padam. Seperti slogan Petugas Damkar yaitu “ Pantang Pulang Sebelum Padam “. Wah seru…

Latihan memadamkan api dengan selang


Yang tidak kalah seru adalah kegiatan  anak-anak di ajak keliling menaiki mobil pemadam ( fire truck ).  Jenis mobil yang dinaiki oleh anak-anak adalah Turntable  Tender And Snorkle, ini merupakan jenis mobil Pemadam berukuran besar dan biasa digunakan  pada saat kebakaran terjadi pada lokasi yang tinggi. Maka dari itu mobil jenis ini memiliki tangga dan tanki air yang besar.
Berkeliling menaiki fire truck 

Selain kegiatan diatas , kita juga boleh berkeliling melihat-lihat jenis fire turck lain nya. Alhamdulillah kegiatan kali ini bisa di bilang berhasil, memperkenalkan salah satu cabang profesi dengan menyenangkan.



Bagi orang tua atau pun guru-guru yang ingin menstimulasi anak-anak didik dengan kegiatan seperti ini cara nya mudah, yaitu :
🚒 Kita tinggal melakukan koordinasi dengan pihak instansi terkait mengenai ketersedian waktu dan tempat.
🚒 Setelah itu mengajukan surat permohonan paling lambat seminggu sebelum kegiatan acara nya.
🚒 Membayar biaya oprasional Damkar, sebesar 300K / event. Biaya oprasional kemungkinan bisa mengalami perubahan.

Selamat melakukan kunjungan edukasi yaa…...

#Damkar
#mengenalprofesidamkar
#playdate

You Might Also Like

2 komentar

  1. Seruuu yaa mbak. Pengen lagi, tp pake baju dan helm pemadamnya yaa...

    BalasHapus
  2. Iya jul, mupeng bgt. Yook kita2 aja, 10 keluarga udh bisa lah ya kita cusss,

    BalasHapus