Perpustakaan Ramah Anak di Batam

September 25, 2018





Cita-cita yang tersemat dalam hati saya salah satu nya teringin anak-anak cinta membaca. Seperti perintah awal dalam Al Quran, yaitu Iqro yang berarti Baca.

Bahagia rasa nya di Batam ada perpustakaan umum yang bisa dibilang ramah anak. Banyak nya buku anak yang tersedia, kids corner yang diisi mainan edukasi sudah masuk katagori ramah anak menurut saya.

Berikut adalah rekomendasi  perpustakaan di kota Batam yang layak dikunjungi bersama anak-anak :

Perpustakaan Daerah Provinsi KEPRI
Picture from ceritaumi.com
Perustakaan ini berlokasi di perumahan KDA Batam Centre. Jam oprasional : Senin - Kamis 08.30 - 15.30 WIB dan Jum’at 08.30 - 14.30 WIB, sedangkan hari Sabtu, Minggu & Hari Besar perpustakaan ini tutup.

Perpustakaan ini terdiri dari dua lantai. Di lantai pertama terdapat koleksi buku-buku anak, ruang bermain anak dan counter penjaga perpustakaan.


Putripamelia.blogspot.com
Puzzle kayu salah satu mainan yang disediakan di Perpusda

Ruang baca anak
Sedangkan di lantai dua adalah tempat koleksi buku dewasa  juga ruang komputer.

Supaya leluasa untuk meminjam buku-buku koleksi perpustakaan disarankan membuat member card dengan syarat  :
  • Foto copy KTP/Kartu Pelajar (1 lembar)
  • Pas Foto berukuran 3x4 (2 lembar)

Member bisa meminjam dua buah buku sekali pinjam dan diberikan waktu selama empat hari. Sedangkan jika kita meminjam empat buah buku akan diberikan tenggang waktu pinjam selama tujuh hari.


Perpustakaan Umum Mesjid Jabal Arafah
Pintu masuk Perpustakaan Jabal Arafah

Sudah seharus nya mesjid menjadi tempat yang berdaya guna,tidak hanya pengajian dan kajian. Seperti hal nya mesjid Jabal Arafah ini menyediakan perpustakaan yang nyaman di dalam nya.



Perpustakaan berada dalam kawasan mesjid Jabal Arafah di Jl.Imam Bonjol, Lubuk Baja - Batam . Koleksi buku-buku disini baik buku dewasa maupun buku anak 80% bertema agama. Ruangan full AC, tempat duduk yang nyaman membuat pengunjung betah berlama-lama disini. Disediakan juga ruang komputer untuk mencari bahan referensi bahan pustaka. Ditempat buku-buku anak tersedia juga kursi kecil dan sofa bagi pengunjung cilik.


Rak buku & tempat penitipan barang


Ruang Komputer

Jam oprasional mulai dari 09.00 - 20.00 WIB setiap hari, Libur pada saat hari raya idul fitri & idul adha saja. Walaupun pihak perpustakaan menyediakan pembuatan kartu member dan bisa langsung jadi hari itu juga tapi koleksi buku-buku nya tidak boleh di pinjam bawa pulang,khusus baca ditempat.


Beberapa koleksi buku anak tersusun rapi di rak nya

Tempat baca anak

Ayoookk parents, ajak anak-anak kita ke pustakaan. Semoga ikhtiar kita menjadi jalan bagi mereka untuk suka dengan buku.

#perpustakaanjabalarafah
#perpustakaandaerahkepri
#perpustakaankotabatam

You Might Also Like

3 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. alhamdulillah ada perpus yg nyaman d batam yak.. hanya saja bocil ni blm bisa duduk diem baca buku, pastilah lari-larian.. wkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ada mama Farid yang bisa di ajak bareng kesini. Jadi merasa tak sendiri..hihihi

      Hapus