Langsung ke konten utama

Akibat Komunikasi Buruk Dalam Keluarga



Tau kan ya kasus  pembunuhan Yuyun? Seorang gadis 14 tahun yang diperkosa dan dibunuh oleh 14 orang ABG di Bengkulu. Kasus ini sampai mendatangkan psikolog ke rutan untuk mengulik kedalaman hati para pembunuh yuyun, mengingat mereka adalah remaja, masa depan bangsa, pelajar pulak yg sehari hari nya disekolah tempat orang orang terpelajar yang tidak sepatut nya melakukan perbuatan sekeji itu.

Ini lah kesimpulan jawaban dari tim psikolog “ 7 orang pembunuh Yuyun itu punya dendam dengan ibu nya karena komunikasi yang sangat buruk yang dibangun didalam keluarga”.

Pernah dengar kah kita tentang 12 gaya mendidik anak --yang sering disebut oleh Ibu Elly Risman seorang Psikolog- yang berujung pada ketidak harmonisan antara kita dan anak. Tidak ada kehangatan relasi antara orangtua dan anak.

hayuk di cek, jika masih terdapat gaya seperti dibawah ini, kita harus segera perbaiki pola pengasuhan kita:

1⃣Memerintah,
contoh: “Mama tidak mau dengar alasan kamu, sekarang masuk kamar dan bereskan kamarmu!”

2⃣Menyalahkan,
contoh: Ketika anak tidak bisa mengerjakan soal PRnya, ayah berkata, “Tuh kan. Itulah akibatnya kalau kamu tidak mendengarkan Ayah dan malas belajar”

3⃣Meremehkan,
contoh: “Masak pakai sepatu sendiri saja tidak bisa, bisanya apa dong Kak?”

4⃣Membandingkan,
contoh: “Kok kamu diminta naik ke panggung saja tidak mau sih Kak, tuh lihat Andi saja mau”

5⃣Memberi cap,
contoh:”Dasar anak bodoh, disuruh beli ini saja salah!”

6⃣Mengancam,
contoh: “Kalau kamu tidak mau makan lagi, kamu tidak akan dapat uang jajan selama seminggu!”

7⃣Menasehati,
contoh: “Makanya, kalau mau makan cuci tangannya dulu, nak… Tangan kan kotor banyak kumannya…”

8⃣Membohongi,
contoh: “Disuntik tidak sakit kok nak, seperti digigit semut aja kok”

9⃣Menghibur,
contoh: Ketika adik menemukan bahwa es krim nya dimakan oleh kakaknya tanpa sepengetahuannya, bunda berkata, “Sudah ya sayang, besok bunda belikan lagi es krimnya, lebih enak dari yang dimakan kakak tadi”


1⃣1⃣Mengeritik,
contoh: “Lihat tuh! Masak mengepel masih kotor dimana-mana begitu. Mengepelnya yang benar dong!”

1⃣2⃣Menganalisa,
contoh: “Kalau begitu, yang mengambil bukumu bukan temanmu, mungkin kamu tinggalkan di tempat lain…”


Nah Bund, itu adalah kasus si yuyun dan masih banyak kasus lain dengan latar belakang yang sama yaitu komunikasi yang sangat buruk sehingga menyebabkan kantong jiwa anak yang kosong yg terus menerus di isi dengan cacian,makian,membeda bedakan, ect dan tragis itu semua yg melakukan nya adalah orang terdekat Ibu,Ayah,Nenek,Kakek,Orang sekitar.

Banyak Bund, orang tua yang menjadi orang tua bawaan, yah jadi orang tua karena punya anak-anak aja ilmu jadi orang tua nya juga bawaan, iya bawaan dari ibu dan bapak nya sebelum nya. Klo bapak nya keras dia juga akan keras ke anak nya, kalo ibu nya suka ngomel dari alif sampe hamzah ya, nah gtu juga dia ke anak nya. Dan terusssss akan seperti ini sistem nya tanpa mau belajar ilmu jadi orang tua. Padahal waktu bergerak maju terus pantang mundur. Anak dahulu ga sama dengan anak sekarang, teknologi terus meluncur dengan cepat, sedangkan adab merosot mundur.

Masih kah kita ga ambil peduli Bund??, untuk membesarkan seorang anak memang hanya cukup dilakukan oleh satu orang, tapi untuk mendidik seorang anak dibutuhkan satu kampung. Bergerak dengan mengadakan perubahan pada diri sendiri dulu Bund, walaupun amat sulit, tapi yakinlah Allah tidak akan menyianyiakan proses yang kita jalani.

Teman saya yang satu ini amat sangat sabarrr sama anak -anak nya, bisa dicek blog nya untuk mengetahui kegiatan apa aja yang dilakukan mbak Una dan para bocil nya.

Komentar

  1. wah.. ada beberapa di antara 12 pola itu yang masih juga saya terapkan. harus diperbaiki nii...

    BalasHapus
  2. makasih mbak.....semoga bisa mempraktekkan dalam kehidupan saya sehari2

    BalasHapus
  3. PR besar buat saya dan suami nih mbak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Nuvasa Bay yang Instagrameble

Jalan yook ke Nuvasa Bay, Pantai yang terletak di Jl. Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau 29465 ini banyak "tawaran menarik" nya yesss menarik isi dompet untuk keluar tanpa tau jalan pulang lagi. Halaaahhh.
Bagi para pecinta foto dengan tujuan di apload ke sosmed dan ga pake parkir di galery untuk semalam, pantai ini surga sekali. Banyak spot foto yang cantik bagai dewi kayangan.
Harga tiket masuk nya lumayan murah kalau hanya untuk berpose cantik disini yaitu dewasa Rp.35.000/pax (12 thn keatas) & anak-anak Rp.25.000/pax (5 s/d 12 thn). Tiket masuk kamu bisa tukar dengan minuman dan makanan ringan disini nah ga rugi kan.hehehe.
Tapi kalau kamu suka berpetualang dan menyicipi berbagai water sport  ( banana boat, kayak, aqua adventure, dll ) dan land sport  ( latihan tembak, memanah, mangrove tour, dll ) disini, kamu harus menyiapkan buget lebih.
Untuk yang mau family time seperti saya dan tidak pada saat week end, jangan lupa bawa amunisi bekal yang…

Water Boom Puri Selebriti Batam

Anak anak girang banget kalau diajak aktivitas air nih,,,apalagi berenang,,,wow langsung deh senyuman mengembang selama seminggu kedepan karena pasti bakal jadi bahan obrolan dirumah terus menerus mengingat setiap detail aktivitas berenang nya mereka.

Bertolak dari rumah jam 10.00 WIB, tujuan nya adalah pantai Nuvasa Bay , tapi oh tapi hari itu air laut surut rut rut walaupun udah kami tunggu sampai sore rupa rupa nya air ga mau pasang 😥

Takut mengecewakan anak anak yang udah sumringah dari malem sebelum berangkat, lagian juga malu sama peralatan renang lengkap yang udah dibawa. Mereka pasti mencibir karena udah dibawa tapi ga kepake. Huuuuuu.😝

Baiklah kita ganti tujuan renang aja, yaitu ke WATER BOOM PURI SELEBITI. Saya sih bilang ini mini water boom karena ga terlalu besar tempat nya tapi lumayan lengkap loh fasilitasnya. Waterboom ini nempel sama perumahan nya yaitu perumahan Puri Selebriti Batam Centre (yaiyalah, info macam apa ini) jadi kamu ga perlu ribet nyari alamat nya.
D…

Yook !! ke Taman Kelinci Batam

Assalamu’alaikum…
Warga batam sekarang patut berbangga loh pasal nya ga perlu jauh-jauh ke pulau jawa untuk mengunjungi taman kelinci. Karena hari Sabtu, 21 April 2018 sudah di buka untuk umum “Taman Kelinci” berlokasi di Jl. Ir. Sutami, Tanjung Pinggir,Sekupang. Tempat nya bersebrangan dengan Hotel Acacia di sekupang.
Wiiii seneng deh saya ada tempat seasik ini untuk mengedukasi anak-anak. Kebetulan sekali, Ziya & Zaltan baru beli buku tentang kelinci, berasa passsss banget tempat ini untuk kami singgahi. “Taman Kelinci” ini memiliki sekitar empat puluh ekor kelinci. Harga tiket masuk nya 10k untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak 5k saja. Murahhhh kan???!!!
Diloket pembayaran tiket, pengunjung diberi seikat kecil sayuran kangkung untuk memberi makan kelinci. Tempat ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 - 16.00 Wib.
Pintu masuk ke Taman Kelinci
Anak-anak kelinci yang belum boleh keluar kandang dan belum boleh dipegang pengunjung

Disediakan area khusus untuk kelinci, area ini dipaga…