Langsung ke konten utama

Tahap Awal Menjadi Ibu Profesional

Bunda tuh mau nya anak-anak tidur siang abis dzuhur, tidur malam abis isya. Bunda juga mau kalau anak-anak makan sayur dan buah jangan banyak jajaaaan terusssss, ga bagus banget buat kesehatan anak-anak apalagi buat kantong bunda, ehem. Jangan minta sesuatu  yang ga akan bunda kabulkan  pake ngamuk merengek. De el el

Semua itu mau nya bunda, pernahkah bertanya apa mau nya anak-anak terhadap bunda nya? . Keciil kecil juga punya hati apalagi yang udah besar. Kalau mau anak berubah jadi lebih baik dari hari ke hari kelakuannya yah bunda juga harus  berubah lebih baik dulu baru mengharapkan yang lain. itu baru Adil Bund.
Karena anak saya dua-duanya masih dibawah 5 tahun dan kalau ditanya mau bunda bersikap apa biar anak-anak happy didekat bunda, pasti lah pertanyaan dan jawaban ga banyak yg sinkron walaupun mereka udah lancar dan jelas sekali ngomong nya. Jadi saya buat pertanyaan yang jawaban nya “ yes or no” saja.

Malam menjelang tidur :
Bunda: “ teteh & adek suka ga kalau bunda marah?”.
Anak: “ ga suka” jawaban nya.
Teteh: “teteh marah marah nya bohongan aja bunda” (maksudnya kalau teteh marah sama bunda nya itu cuma bohongan dia marahnya ga serius).
Iya sih emang ni anak saya perhatikan kalau marah obat nya pelukan aja udah sembuh. Dan marah nya dia tuh ngoceh apa yang ada diunek unek nya aja, jarang saya liat dia mau melempar barang atau mukul.
Bunda: bunda marah kalau apa dek ?
Adek : “ adek di time out karena pukul, meludah, tendang”. (Maksudnya kalau dia pukul,meludah,tendang bunda time out, saya minta pamit diri untuk semedi menenangkan diri barang 5 menitan)
Dari pada bunda jadi macan dan ngomel dari alif sampe ya. Cara ini manjur untuk anak lelaki saya yang alhamdulillah superrrr sekali, kalau dia mengekspresikan kekesalan pakai fisik. Sehabis time out, saya peluk, dan tanya sama dia “ kenapa bunda marah? Kenapa bunda time out adek?”. Biasanya dia langsung jawab pakai janji ga mau ulang lagi. Walaupun besok besok lupa akan janjinya 😂, emang harus sabar ngasi tau yang beginian.

Pagi-pagi pas olahraga :
Teteh : kalau olahraga itu kita sehat ya Nda?
Bunda : iya
Teteh : jalan olah raga kan Nda?
Bunda : jalan, lari,bersepeda itu olahraga juga.
Teteh : besok kita olahraga lagi ya Bunda.
Bunda : Inshaallah kalau ga hujan.

Dan dibalik pertanyaan nya, ada anak yang tiap pagi dari sabar sampai merengek minta olahraga bareng bundanya, sedangkan si bunda asik berjengkrama dengan piring dan sapu.hiks,, hiksss,,jadi inget kata-kata Kiki Barkiah kalau fitrah utama bunda adalah mendidik, bukan pembantu yang harus bikin pekerjaan rumah selalu beres.

Juga kepada suami saya bertanya, kekurangan apa yang kamu mau saya untuk berubah?. Awal nya suami binggung saya bertanya begitu. Saya kemukaan alasan karena Abi dan anak-anak yang paling berhak mendapatkan istri & ibu terbaik di mata kalian, begitu saya mengutip kalimat dari materi ibu profesional kali ini. Sulit memang untuk menjawab pertanyaan saya, tapi sulit bukan berarti tidak bisa. Saya beri list point-point apa saja yang harus saya rubah, beliau tinggal ceklist yang setuju, saya tawarkan kalau ceklist ini bisa ditambah atau dikurangi point nya. Alhamdulillah beliau mau.

Baiklah dari percakapan dengan penduduk dirumah saya membuat ceklist perubahan diri.

Sebagai individu :
  1. Sholat tepat waktu
  2. Dzikir saat melakukan pekerjaan rumah (kalau lagi ngepel,nyapu,cuci piring seringnya menghayal,hehe)
  3. Menurunkan ekspektasi kerapihan rumah agar tidak selalu stress melihat rumah “kapal pecah”
  4. Hafalan al quran dengan Benar dari ayat-ayat pendek terlebihdulu.
  5. Ikut forum belajar agar bisa meningkatkan kualitas diri
  6. Ikut bersama komunitas sama visi & misi dalam mendidik anak

Sebagai istri :

  1. Sms tanya kabar pas suami kerja
  2. Tersedia sarapan tiap pagi
  3. Masak dirumah untuk makan ( ini arti nya lebih suka  masak dari pada beli)
  4. Ga tidur duluan
  5. Baju seperti  yg suami harapkan saya pakai saat suami dirumah
  6. Sudah mandi sebelum suami berengkat kerja dan saat sesudah suami pulang kerja
  7. Gosok gigi saat mau tidur.

Sebagai ibu :

  1. Olahraga bersama anak-anak tiap pagi
  2. Bermain sambil belajar setelah olahraga dan mandi
  3. Murotal qur’an pada saat anak-anak main dirumah dan menjelang tidur siang
  4. Bacakan buku sebelum tidur

Sebagai manager keuangan :

  1. Mengatur keuangan setelah gajian ke pos nya masing-masing (misal pembayaran pemakaian air & listrik, hutang, memberi jajan orang tua dll)
  2. Menabung
  3. Membayar zakat profesi
  4. Merencanakan investasi jangka panjang
  5. Belanja hemat, cermat

Agar Semua target diatas bisa dicapai maka dari itu saya harus lebih pandai mengatur waktu untuk itu saya memulai menerapkan  “cara kerja” ibu Septi Peni Wulandari yaitu dress up 7 to 7 . Point-point nya saya lakukan 30 hari kedepan secara konsisten dan dilanjutkan terus, point diatas bisa ditambah sesuai kebutuhan.


#PutriPamelia
#NHW_2
#KuliahMatrikulasiBatch5

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Nuvasa Bay yang Instagrameble

Jalan yook ke Nuvasa Bay, Pantai yang terletak di Jl. Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau 29465 ini banyak "tawaran menarik" nya yesss menarik isi dompet untuk keluar tanpa tau jalan pulang lagi. Halaaahhh.
Bagi para pecinta foto dengan tujuan di apload ke sosmed dan ga pake parkir di galery untuk semalam, pantai ini surga sekali. Banyak spot foto yang cantik bagai dewi kayangan.
Harga tiket masuk nya lumayan murah kalau hanya untuk berpose cantik disini yaitu dewasa Rp.35.000/pax (12 thn keatas) & anak-anak Rp.25.000/pax (5 s/d 12 thn). Tiket masuk kamu bisa tukar dengan minuman dan makanan ringan disini nah ga rugi kan.hehehe.
Tapi kalau kamu suka berpetualang dan menyicipi berbagai water sport  ( banana boat, kayak, aqua adventure, dll ) dan land sport  ( latihan tembak, memanah, mangrove tour, dll ) disini, kamu harus menyiapkan buget lebih.
Untuk yang mau family time seperti saya dan tidak pada saat week end, jangan lupa bawa amunisi bekal yang…

Yook !! ke Taman Kelinci Batam

Assalamu’alaikum…
Warga batam sekarang patut berbangga loh pasal nya ga perlu jauh-jauh ke pulau jawa untuk mengunjungi taman kelinci. Karena hari Sabtu, 21 April 2018 sudah di buka untuk umum “Taman Kelinci” berlokasi di Jl. Ir. Sutami, Tanjung Pinggir,Sekupang. Tempat nya bersebrangan dengan Hotel Acacia di sekupang.
Wiiii seneng deh saya ada tempat seasik ini untuk mengedukasi anak-anak. Kebetulan sekali, Ziya & Zaltan baru beli buku tentang kelinci, berasa passsss banget tempat ini untuk kami singgahi. “Taman Kelinci” ini memiliki sekitar empat puluh ekor kelinci. Harga tiket masuk nya 10k untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak 5k saja. Murahhhh kan???!!!
Diloket pembayaran tiket, pengunjung diberi seikat kecil sayuran kangkung untuk memberi makan kelinci. Tempat ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 - 16.00 Wib.
Pintu masuk ke Taman Kelinci
Anak-anak kelinci yang belum boleh keluar kandang dan belum boleh dipegang pengunjung

Disediakan area khusus untuk kelinci, area ini dipaga…

Water Boom Puri Selebriti Batam

Anak anak girang banget kalau diajak aktivitas air nih,,,apalagi berenang,,,wow langsung deh senyuman mengembang selama seminggu kedepan karena pasti bakal jadi bahan obrolan dirumah terus menerus mengingat setiap detail aktivitas berenang nya mereka.

Bertolak dari rumah jam 10.00 WIB, tujuan nya adalah pantai Nuvasa Bay , tapi oh tapi hari itu air laut surut rut rut walaupun udah kami tunggu sampai sore rupa rupa nya air ga mau pasang 😥

Takut mengecewakan anak anak yang udah sumringah dari malem sebelum berangkat, lagian juga malu sama peralatan renang lengkap yang udah dibawa. Mereka pasti mencibir karena udah dibawa tapi ga kepake. Huuuuuu.😝

Baiklah kita ganti tujuan renang aja, yaitu ke WATER BOOM PURI SELEBITI. Saya sih bilang ini mini water boom karena ga terlalu besar tempat nya tapi lumayan lengkap loh fasilitasnya. Waterboom ini nempel sama perumahan nya yaitu perumahan Puri Selebriti Batam Centre (yaiyalah, info macam apa ini) jadi kamu ga perlu ribet nyari alamat nya.
D…