Mendidik dengan Kekuatan Fitrah, NHW#4

Februari 16, 2018

Sampai minggu keempat saat ini saya merasa di bimbing oleh kuliah Matrikulasi IIP untuk menemukan misi spesifik diri dan juga keluarga dengan berbagai tugas Nice Homework yang diberikan. Alhamdulillah..


Kali ini saya diminta untuk tidak melupakan tugas-tugas sebelumnya dengan cara menggabungkan perenungan yang didapat dari Nice Homework pertama sampai ketiga ditambah dengan ilmu mendidik anak dengan kekuatan fitrah.

Berikut adalah tugas-tugas yang diberikan

Meyakinkan diri dengan Jurusan Ilmu yang akan dikuasai di Universitas Kehidupan.

Tugas :
Mari kita lihat kembali Nice Homework #1, apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di universitas kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda inggin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Jawab : 
Jurusan Ilmu yang saya pilih di universitas kehidupan yaitu Menulis. Saya  tidak akan merubahnya karena jurusan ilmu tambahan yang akan saya pelajari tetap akan saya tulis sebagai pengikat ilmu. Untuk memaksimalkan peran hidup saya akan menambah jurusan ilmu Parenting sebagai bekal mendidik anak yang sudah saya pelajari dan praktekan sedikit demi sedikit. Sebagai hamba Allah yang ingin ikut menyburkan bumi saya berkeinginan menambah ilmu bercocok tanam. Semoga Allah mudahkan,,,

Istiqomah dengan Langkah-Langkah untuk Memantaskan Diri

Tugas :
Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu"memantaskan diri" setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak dengan diri kita.

Jawab:
Amat disayangkan oleh saya bahwa saya belum bisa mempush diri untuk tetap istoqomah dalam menjalankan Checklist indikator diri yang saya buat pada NHW#2  Inshaallah saya akan berusaha lebih untuk menjalankan komitmen ini.

Tetapkan Misi Hidup,Bidang & juga Peran

Tugas :
Baca dan renungkan kembali NiceHomework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah maka tetapkan bidang yang akan dikuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Jawab:
Saya melihat kembali NiceHomework #3, saya seorang ibu dengan aktivitas terbanyak dirumah. Saya juga berkesempatan untuk menulis dan berbagi beberapa kegiatan  belajar mengajar saya dirumah bersama anak-anak melalui Medsos dan Blog. Sedangkan bercocok tanam sekarang adalah hal baru yang menarik bagi saya yang harus saya tahu Ilmu nya dan pelajari.
Misi Hidup : Memberi informasi melalui tulisan
Bidang : Parenting, Planting
Peran : Learner - Educator - Inspirator

Menyusun Ilmu yang Diperlukan untuk  Menjalankan Misi Hidup

Tugas :
Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Jawab :
Adapun ilmu-ilmu yang harus saya kuasai dalam menjalankan misi hidup diatas adalah sbb :


  1. Bunda Pembelajar : Ilmu-ilmu mengenai parenting ( Pengasuhan anak,tumbuh kembang anak,dst), sedangkan untuk Planting ( cara menentukan area tanam, cara menyemai bibit hingga menanam nya, cara merawat tanaman yang baik hingga mendapatkan hasil tanam)
  2. Bunda Cekatan : Ilmu seputar managemen waktu
  3. Bunda Produktif : Ilmu mengenai kemandirian finansial, mencari ide dan prospek
  4. Bunda Shaleha : Ilmu seputar menjadi manfaat bagi ummat.

Tugas:
Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

Jawab:
Saya menetapkan KM 0 diusia 32 th, Milestone yang saya tetapkan sbb :

  1. KM 0 - KM 1 (tahun 1, 2018) Menguasai ilmu Bunda Pembelajar
  2. KM 1 - KM 2 (tahun 2, 2019) Menguasai ilmu Bunda Cekatan
  3. KM 2- KM 3 (tahun 3, 2020 ) Menguasai ilmu Bunda Produktif
  4. KM 3- KM 4 (tahun 4,2021 ) Menguasai ilmu Bunda Saleha dan mulai mempraktekannya.
Untuk menyesuaikan perjalanan hidup dengan misi ini, saya perlu koreksi kembali checklist saya di NHW#2 dan akan mulai menyusun ulang check list indikator tersebut.

Dan yang terpenting dari semua yang saya rencanakan adalah ACTION !!!

lakukan, lakukan, lakukan

O Allah, Pemilik Segala Ilmu, Permudahlah Langkah ku

Bismillah, Insyaallah BISA


#PutriPamelia
#NHW_4
#Kuliahmatrikulasibatch5






You Might Also Like

0 komentar