Langsung ke konten utama

Mendidik dengan Kekuatan Fitrah, NHW#4

Sampai minggu keempat saat ini saya merasa di bimbing oleh kuliah Matrikulasi IIP untuk menemukan misi spesifik diri dan juga keluarga dengan berbagai tugas Nice Homework yang diberikan. Alhamdulillah..

Kali ini saya diminta untuk tidak melupakan tugas-tugas sebelumnya dengan cara menggabungkan perenungan yang didapat dari Nice Homework pertama sampai ketiga ditambah dengan ilmu mendidik anak dengan kekuatan fitrah.

Berikut adalah tugas-tugas yang diberikan

Meyakinkan diri dengan Jurusan Ilmu yang akan dikuasai di Universitas Kehidupan.

Tugas :
Mari kita lihat kembali Nice Homework #1, apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di universitas kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda inggin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Jawab : 
Jurusan Ilmu yang saya pilih di universitas kehidupan yaitu Menulis. Saya  tidak akan merubahnya karena jurusan ilmu tambahan yang akan saya pelajari tetap akan saya tulis sebagai pengikat ilmu. Untuk memaksimalkan peran hidup saya akan menambah jurusan ilmu Parenting sebagai bekal mendidik anak yang sudah saya pelajari dan praktekan sedikit demi sedikit. Sebagai hamba Allah yang ingin ikut menyburkan bumi saya berkeinginan menambah ilmu bercocok tanam. Semoga Allah mudahkan,,,

Istiqomah dengan Langkah-Langkah untuk Memantaskan Diri

Tugas :
Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu"memantaskan diri" setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak dengan diri kita.

Jawab:
Amat disayangkan oleh saya bahwa saya belum bisa mempush diri untuk tetap istoqomah dalam menjalankan Checklist indikator diri yang saya buat pada NHW#2  Inshaallah saya akan berusaha lebih untuk menjalankan komitmen ini.

Tetapkan Misi Hidup,Bidang & juga Peran

Tugas :
Baca dan renungkan kembali NiceHomework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah maka tetapkan bidang yang akan dikuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Jawab:
Saya melihat kembali NiceHomework #3, saya seorang ibu dengan aktivitas terbanyak dirumah. Saya juga berkesempatan untuk menulis dan berbagi beberapa kegiatan  belajar mengajar saya dirumah bersama anak-anak melalui Medsos dan Blog. Sedangkan bercocok tanam sekarang adalah hal baru yang menarik bagi saya yang harus saya tahu Ilmu nya dan pelajari.
Misi Hidup : Memberi informasi melalui tulisan
Bidang : Parenting, Planting
Peran : Learner - Educator - Inspirator

Menyusun Ilmu yang Diperlukan untuk  Menjalankan Misi Hidup

Tugas :
Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Jawab :
Adapun ilmu-ilmu yang harus saya kuasai dalam menjalankan misi hidup diatas adalah sbb :


  1. Bunda Pembelajar : Ilmu-ilmu mengenai parenting ( Pengasuhan anak,tumbuh kembang anak,dst), sedangkan untuk Planting ( cara menentukan area tanam, cara menyemai bibit hingga menanam nya, cara merawat tanaman yang baik hingga mendapatkan hasil tanam)
  2. Bunda Cekatan : Ilmu seputar managemen waktu
  3. Bunda Produktif : Ilmu mengenai kemandirian finansial, mencari ide dan prospek
  4. Bunda Shaleha : Ilmu seputar menjadi manfaat bagi ummat.

Tugas:
Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

Jawab:
Saya menetapkan KM 0 diusia 32 th, Milestone yang saya tetapkan sbb :

  1. KM 0 - KM 1 (tahun 1, 2018) Menguasai ilmu Bunda Pembelajar
  2. KM 1 - KM 2 (tahun 2, 2019) Menguasai ilmu Bunda Cekatan
  3. KM 2- KM 3 (tahun 3, 2020 ) Menguasai ilmu Bunda Produktif
  4. KM 3- KM 4 (tahun 4,2021 ) Menguasai ilmu Bunda Saleha dan mulai mempraktekannya.
Untuk menyesuaikan perjalanan hidup dengan misi ini, saya perlu koreksi kembali checklist saya di NHW#2 dan akan mulai menyusun ulang check list indikator tersebut.

Dan yang terpenting dari semua yang saya rencanakan adalah ACTION !!!

lakukan, lakukan, lakukan

O Allah, Pemilik Segala Ilmu, Permudahlah Langkah ku

Bismillah, Insyaallah BISA


#PutriPamelia
#NHW_4
#Kuliahmatrikulasibatch5






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Nuvasa Bay yang Instagrameble

Jalan yook ke Nuvasa Bay, Pantai yang terletak di Jl. Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau 29465 ini banyak "tawaran menarik" nya yesss menarik isi dompet untuk keluar tanpa tau jalan pulang lagi. Halaaahhh.
Bagi para pecinta foto dengan tujuan di apload ke sosmed dan ga pake parkir di galery untuk semalam, pantai ini surga sekali. Banyak spot foto yang cantik bagai dewi kayangan.
Harga tiket masuk nya lumayan murah kalau hanya untuk berpose cantik disini yaitu dewasa Rp.35.000/pax (12 thn keatas) & anak-anak Rp.25.000/pax (5 s/d 12 thn). Tiket masuk kamu bisa tukar dengan minuman dan makanan ringan disini nah ga rugi kan.hehehe.
Tapi kalau kamu suka berpetualang dan menyicipi berbagai water sport  ( banana boat, kayak, aqua adventure, dll ) dan land sport  ( latihan tembak, memanah, mangrove tour, dll ) disini, kamu harus menyiapkan buget lebih.
Untuk yang mau family time seperti saya dan tidak pada saat week end, jangan lupa bawa amunisi bekal yang…

Water Boom Puri Selebriti Batam

Anak anak girang banget kalau diajak aktivitas air nih,,,apalagi berenang,,,wow langsung deh senyuman mengembang selama seminggu kedepan karena pasti bakal jadi bahan obrolan dirumah terus menerus mengingat setiap detail aktivitas berenang nya mereka.

Bertolak dari rumah jam 10.00 WIB, tujuan nya adalah pantai Nuvasa Bay , tapi oh tapi hari itu air laut surut rut rut walaupun udah kami tunggu sampai sore rupa rupa nya air ga mau pasang 😥

Takut mengecewakan anak anak yang udah sumringah dari malem sebelum berangkat, lagian juga malu sama peralatan renang lengkap yang udah dibawa. Mereka pasti mencibir karena udah dibawa tapi ga kepake. Huuuuuu.😝

Baiklah kita ganti tujuan renang aja, yaitu ke WATER BOOM PURI SELEBITI. Saya sih bilang ini mini water boom karena ga terlalu besar tempat nya tapi lumayan lengkap loh fasilitasnya. Waterboom ini nempel sama perumahan nya yaitu perumahan Puri Selebriti Batam Centre (yaiyalah, info macam apa ini) jadi kamu ga perlu ribet nyari alamat nya.
D…

Yook !! ke Taman Kelinci Batam

Assalamu’alaikum…
Warga batam sekarang patut berbangga loh pasal nya ga perlu jauh-jauh ke pulau jawa untuk mengunjungi taman kelinci. Karena hari Sabtu, 21 April 2018 sudah di buka untuk umum “Taman Kelinci” berlokasi di Jl. Ir. Sutami, Tanjung Pinggir,Sekupang. Tempat nya bersebrangan dengan Hotel Acacia di sekupang.
Wiiii seneng deh saya ada tempat seasik ini untuk mengedukasi anak-anak. Kebetulan sekali, Ziya & Zaltan baru beli buku tentang kelinci, berasa passsss banget tempat ini untuk kami singgahi. “Taman Kelinci” ini memiliki sekitar empat puluh ekor kelinci. Harga tiket masuk nya 10k untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak 5k saja. Murahhhh kan???!!!
Diloket pembayaran tiket, pengunjung diberi seikat kecil sayuran kangkung untuk memberi makan kelinci. Tempat ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 - 16.00 Wib.
Pintu masuk ke Taman Kelinci
Anak-anak kelinci yang belum boleh keluar kandang dan belum boleh dipegang pengunjung

Disediakan area khusus untuk kelinci, area ini dipaga…