Skip to main content

Posts

Menumbuhkan kecintaan anak pada Al Quran, tulisan I

Assalamu'alaikum,,πŸ’–πŸ’–πŸ’–

Sabtu, 13 Januari 2018 saya berkesempatan mengikuti Kuliah Whatssapp (KulWap) yang diselenggarakan oleh Institute Ibu Profesional Batam dengan tema yang sama dengan judul postingan blog kali ini (hayooo pasti pada scroll keatas liat judul nya lagi 😁). Mengundang narasumber yaitu Ustadzah dr.Eka Rosyilia.
Karena otak saya memorinya mudah penuh dengan fluktuasi harga bahan pokok dan bagaimana cara berhemat agar tetep bisa jalan-jalan, jadilah saya memutuskan untuk menulis ulang apa saja yang di sharing-kan pada waktu KulWap disini. Supaya bisa saya baca kembali dan semoga bisa ada manfaat nya bagi yang lain. Amin.

Karena banyak sekali yang mau saya sharing jadi tulisan ini saya buat menjadi 2 episode (macam sinetron), dikhawatirkan yang baca jadi bosan dan males baca nya karena kebanyakan (nah ini mah saya). Ayooklah kita mulai saya sesi tulisan pertama ini.

Berikut tips in syaa Alloh agar anak2 kita mencintai Al Quran :

1. Membiasakan utk kegiatan yg mende…
Recent posts

Aliran Rasa Rumbel Menulis IIP Batam

Alhamdulillah, berawal dari tulis tulis kegiatan bareng anak-anak di sosmed, lalu berkenalan dengan IIP Batam dan diberi pilihan berbagai Rumbel (Rumah Belajar) , saya memilih untuk belajar di RuLis ( Rumah Belajar Nulis).

Banyak ilmu yang saya dapat dari RuLis ini, berbagai istilah "keren" tentang menulis yang ga pernah saya dapat dipembicaraan ibu-ibu komplek perumahanπŸ˜‘.  Seperti BW (BlogWalking) yaitu semacam silaturahmi di blog, mengunjungi blog orang dan meninggalkan komen kita disana. Saya sering nih BW ( BlogWalking ) dengan gaya MW ( MoonWalk(ing) )😝😝😝 ala Michael Jacson,,iiihiyyy.

Menulis bagi saya sekarang itu sebagai sarana menuangkan ungkapan hati dengan bahasa nya saya, harap harap ada manfaatnya juga buat orang lain.

Akhirul kalam, karena makhluk yang pertama diciptakan NYA adalah PENA, maka menulislah. Ada yang nyeletuk sekarang mah ga pake PENA tapi pake Keyboard,, Ebusyet sama aja kaleee gunanya untuk nulis juga..BURUAN NULIS SONOπŸ˜‚✌✌


#RumbelNulisIIPBata…

Ibu Tanpa Tanda Jasa

" Makanan ini rasa nya ga ketelan sama mama, inget anak-anak dirumah (ga makan ini) ". Kata nya sambil membuka bungkusan tisu atau plastik berisi kue hasil "jarahan" sepulang arisan ataupun pengajian tentu nya setelah yang punya hajat mengeluarkan fatwa halal. Saya yang masih single dan unyu penyu 🐒 waktu itu cuma berfikir ahhh kata itu cuma kiasan,,masakkk iya mama ga bisa makan kue ini, ini kue cuma dua biji rasa juga enak, atuhhh kalo saya mah mau makan ya dimakan aja pulang kerumah ga usah cerita. Beresssss..

Belasan tahun setelah kejadian diatas

Ngeliat Cake di kulkas, tinggal seperempat kurang dari ukuran semula dengan warna merah menggiurkan,  rasa nya mau cepat di " hap,,nyam,,nyam.." tapi pemirsahhh saya ga tega makan cake nya karena anak-anak masih tidur. Padahal evil😈 nya udah nyuruhin siapkan air minum dua gelas kalau ga ketelan dilancarin aja pake air πŸ˜‚πŸ˜‚. Tapi saya tetap nungguin anak-anak bangun dan makan bareng mereka. Air dua gelas ta…

Water Boom Puri Selebriti Batam

Anak anak girang banget kalau diajak aktivitas air nih,,,apalagi berenang,,,wow langsung deh senyuman mengembang selama seminggu kedepan karena pasti bakal jadi bahan obrolan dirumah terus menerus mengingat setiap detail aktivitas berenang nya mereka.

Bertolak dari rumah jam 10.00 WIB, tujuan nya adalah pantai Nuvasa Bay , tapi oh tapi hari itu air laut surut rut rut walaupun udah kami tunggu sampai sore rupa rupa nya air ga mau pasang πŸ˜₯

Takut mengecewakan anak anak yang udah sumringah dari malem sebelum berangkat, lagian juga malu sama peralatan renang lengkap yang udah dibawa. Mereka pasti mencibir karena udah dibawa tapi ga kepake. Huuuuuu.😝

Baiklah kita ganti tujuan renang aja, yaitu ke WATER BOOM PURI SELEBITI. Saya sih bilang ini mini water boom karena ga terlalu besar tempat nya tapi lumayan lengkap loh fasilitasnya. Waterboom ini nempel sama perumahan nya yaitu perumahan Puri Selebriti Batam Centre (yaiyalah, info macam apa ini) jadi kamu ga perlu ribet nyari alamat nya.
D…

Pecel rasa Kesel

Pernah nonton film Saus Kacang??? Yg pemeran utama nya Bunga citra lestari & ashraf sinclair. Difilm nya ada adegan kalau si Bunga lagi kesel & sakit hati melampiaskan semua itu dengan menumbuk kacang yg ditambah beberapa ramuan menjadi saus kacang.
Ga mau bahas film, tapi saya punya sedikit cerita unik tentang saus kacang/saus pecal/kuah pecal atau apalah apalah sebutan nya.
Ehh ya, mau share resep duluan atau share cerita dulu nihh ??? ( ada terdengar sayup sayup suara yang minta resep duluan nih ) Ohmmm baiklah karena saya ga terlalu suka masak tapi suka bercerita  saya share cerita duluan. (Huuuuuu dan tetiba seperti terdengar orang yang bilang KAMU J-A-H-A-T pake intonasi Dian Sastro). Hehehehhe
Seorang saudara sekaligus teman curhat yg ada jadwal visit Selasa pagi ternyata mangkir jadi selasa siang karna rumah kami mendaki gunung lewati lembah dan langit yg selalu meringis adalah alasan nya.
Sesi curhat telah dibuka, bukan salah satu dari kami yg curhat tapi kami berd…

Kamu dan Aku Dalam Cerita

Assalamu'alaikum jamaah blog, masih betah kan ya baca blog saya dengan template jadul dengan warna pink fuchia yang buat sakit mata???
Yang basih betah saya tungguin deh di perempatan Syurga biar masuk kita bareng bareng sebagai penduduk permanen disana...hallaaahhhhh.....
Saya tuh punya suami yang seriusan, tegas, agak pendiam....yah sejenis laki laki misteruis pada umum nya lah. Kalau ditanya hari ini mau makan apa??? Di jawab : Aku mau nya makan kamuuuu !. Ihhh kan saya jadi serem,,. Pernah berfikir apa saya menikahi pria kanibal??? .
Ternyata eh ternyata beliau bilang begitu maksudnya merayu. Tu kan sangking serius nya nih orang, merayu pun terlihat serius dan saya menanggapi secara serius.
Ini percakapan basa basi saya dan suami. 
Saya : Kamu kalau mau poligami biar saya yang pilihin calon nya ya??
Suami : ( senyum aja )
penasaran sama arti senyum nya, saya lanjutkan obrolan ini.
Saya : Nanti saya pilihin sesuai dengan kriteria istri-istri Rosul deh.
Suami : Emang kriteria i…

Mengenal Allah dari ciptaan Nya

Allah dan nabi Muhammad adalah nama yang popular bagi Ziya & Zaltan. Bagaimana tidak, setiap lagi membersamai anak-anak dan tetiba adzan saya pamit untuk sholat, kalau mereka merenggek ga mau ditinggal saya bilang " Bunda mau sholat supaya disayang Allah". Atau kami jalan kepantai saya bilang kalau laut,ikan,gunung itu ciptaan Allah. Pada saat makan saya ajar kan menggunakan tanggan kanan saya bilang bahwa nabi makan menggunakan tangan kanan. Dari sekian banyak kejadian saya berusaha menyangkutkan nama Allah dan Rosul untuk dijelaskan kepada anak-anak.

Pernah mereka bertanya Allah mana? Kok ga kelihatan? Deg deg gan ini jawab nya takut salah, walapun sebelum nya udah pernah membaca artikel masalah ini, tapi tetiba di tanya langsung sama anak masih ada perasaan seperti keselek duri,,
Saya jawab bahwa Allah Maha Besar, kita ga bisa melihat Allah sekarang tapi nanti di syurga. Seperti nya ucapan singkat itu cukup bagi mereka sekarang.

Buku dan alam sekitar adalah sesuatu…