Berkebun Organik untuk Pemula Ala Ms.Yuli

Oktober 03, 2018


Pic from Intagram Ms.Yuli

“Semua bisa berkebun, yang penting punya niatan kuat, sabar juga rajin” begitu kira-kira statment dari Ms.Yuli narasumber Kuliah Whatsapp (KulWap) dengan tema Berkebun Organik Untuk Pemula.

Saya mendadak suka tanam menanam ini semenjak jadi mak emak. Faktor harga sayuran dan bumbu dapur yang fluktuatif dan sering nya malah naik terus, menjadi alasan dasar saya sekarang suka berkebun. Ternyata naluri ke-Ibu-an ga hanya melulu masalah anak, tapi masalah keuangan kas keluarga juga perlu perhatian lebih.

Selain irit, kita bisa mendapat sayuran,buahan, atau bumbu dapur yang fresh dan non pestisida kimia jika kita menanam sendiri. So ketika ada sharing tentang Berkebun Organik Bagi Pemula di grup whatsapp Ibu Profesional Batam, saya langsung excited banget.

Profil Narasumber (Ms.Yuli)

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Berkebun Organik
Menurut Ms. Yuli ada 8 hal yang perlu dipersiapkan untuk berkebun organik bagi pemula :

🌵 Niat
“Sesungguhnya amal itu tergantung dengan niat”. Berkebun organik termasuk amal yang baik. Karena selain bertujuan untuk memenuhi kebutuhan juga untuk menjaga dan membaikan bumi Allah.

🌵 Tujuan
Tujuan sangat penting karena akan mempengaruhi pilihan sistem berkebun. Kalau Ms.Yuli dulu mulai berkebun karena butuh sayuran dan buah yang aman dari pupuk kimia dan pestisida kimia.

🌵 Siapkan wadah dan media tanam
Wadah : karena Ms.Yuli berkebun di halaman rumah,jadi memakai pot,barang bekas seperti plastik bekas minyak kemasan,botol plastik bekas pemutih, paralon,dan apa saja yang bisa dijadikan wadah.
Media tanam : tanah,kompos/pupuk kadang, sekam, perbandingan 1:1:1

🌵 Pilih jenis sayuran atau buah yang akan ditanam. Pilihlah yang disukai seluruh anggota keluarga

🌵 Pelajari sifat tanaman yang dipilih.
Kenali sifat tanaman yang dipilih seperti masa tanam, usia panen, hama yang bisa menyerang dll dengan membaca kemasan benih atau googling.

🌵 Cari benih/bibit tanaman
Mencari benih/bibit bisa didapatkan di toko pertanian, toko online, atau sharing dengan teman-teman sesama penghobby berkebun.

🌵 Menyemai benih
Setelah mendapatkan bibit mulailah menyemai. Benih yang disemai sendiri bisa dipindahkan setelah bibit memiliki daun 4 helai.

🌵  Pemeliharaan
Setelah bibit pindah tanam ke media yang telah disediakan, lakukan pemeliharaan dengan memberikan pupuk organik dan pestisida nabati. Pelajari juga jenis-jenis pupuk organik dan cara membuat nya serta cara membuat pestisida nabati.



Tanya Jawab

📌Pertanyaan
1⃣   Intan, IP Depok:
Assalamu'alaikum..
Mb, saya sudah memulai berkebun organik. Tapi kendalanya, banyak tikus di lingkungan rumah. Tanaman2 saya selalu dimakan tikus. Sy sudah mencoba berbagai macam cara untuk mengusir tikus tp belum berhasil, adakah tips ampuh untuk mengusir tikus di kebun?

➡ Jawaban
1⃣Walaikum salam mba Intan…

waah alhamdulillah sudah memulai ya mba nikmati prosesnya ya😉…..untuk hama tikus saya sendiri belum pernah mengalami, tapi saya pernah baca bahwa buah mengkudu bisa dijadikan untuk mengusir hama tikus. atau coba link ini

https://www.youtube.com/watch?v=lSZQcfqb5XU  

📌 Pertanyaan
2⃣Deasita IP Tangerang Kota
Pertanyaan :
a.Saya punya lahan yg sempit (1x2m), itu pun dipakai untuk cuci jemur pakaian, apakah bisa digunakan untuk berkebun organik juga?
b.Bagaimana caranya?
c.Tanaman apa saja yg cocok untuk lahan sempit seperti itu?

➡Jawaban
2⃣hai mba deasita…
a. bisa saja mba, yang penting niat dan mau hehe,,,,
b.caranya seperti yang sudah disampaikan pd materi ya mba,ada beberapa foto vertical garden juga yang cocok untuk lahan sempit dan menggunakan barang bekas jd tidak mihil.
c.Saran miss yuli untuk pemula coba tanam selada, selain gampang tumbuh selada juga tahan hama, (berdasarkan pengalaman pribadi). kangkung, daun bawang dan bayam.

📌Pertanyaan
3️⃣Desna, Depok
a. Untuk menanam tanaman buah, miss yuli mengambil bibit dari biji atau melakukan cangkok dan sebagainya?
b. Apakah semua jenis tanaman memiliki perbandingan media sekam, tanah, pupuk 1:1:1?

➡Jawaban
3⃣halo mba desna
untuk tanaman buah ada yang miss tanam dari biji, waktu family project  dengan tema “makan buahnya tanam bijinya” ada juga yang ms beli hasil cangkokan, miss menanam tabulampot.
Selama ini perbandingan yang miss pakai 1;1;1….hanya pada saat perawatan seperti pemupukan disesuaikan dengan tanaman.

📌Pertanyaan
4️⃣Yetty dari Tangerang.
apakah setiap menyemai benih sayuran/buah harus beda tempat dengan media tanamnya? Saya beberapa kali menanam sayuran namun hasilnya kurang bagus. Kutilang, kurus tinggi dan langsing. Tanaman Pokcoy seperti sawi jadinya. Kurang tebal daging batangnya. Saya menyebar benih ditempat yang sama sampai tanaman itu dipanen walau ada jarak tanamnya.
Untuk mengusir semut di media tanam bagaimananya? banyak yang kasih masukan pakai furadan. Sedangkan saya ingin tanaman yg organik. Daun yang menempel ditanah jadi korbannya, pada bolong

➡Jawaban
4⃣Mba yetty di tangerang,,
untuk hasil yang baik memang dipisah mba, kecuali untuk bayam dan kangkung bisa langsung. Kutilang atau etiolasi terjadi karena kurang simat(sinar matahari). Jadi saat semaian sudah sproud atau pecah segera pindahkan ke tempat yang kena sinar matahari cukup tetapi jangan kena hujan.
Untuk mengusir semut coba taruh potongan timun di media tanam atau mba bisa baca link berikut https://mitalom.com/18-cara-aman-membunuh-semut-di-rumah-dan-pada-tanaman-menggunakan-bumbu-dapur/   

📌Pertanyaan
5️⃣Putri-Batam
a.Media tanam kalau cuma tanah hitam, apakah kemungkinan berhasil nya kecil??
b. Bagaimana cara menggunakan pupuk ? (Berapa hari sekali?,berapa banyak? )


➡Jawaban
5⃣Hai mba Putri
kalau cuma tanah hitam saja di khawatirkan tanahnya menjadi padat sehingga akar tanaman tidak mendapatkan oksigen. Selain untuk menggemburkan tanah, sekam berfungsi untuk menyimpan  air jadi media tanam tidak terlalu kering saat musim panas atau lupa menyiram.
Pupuk organik bisa diaplikasikan sekali seminggu. Untuk takarannya tergantung jenis pupuknya.

📌Pertanyaan
6️⃣Santi Sartika, Padang
a.Aku mo tanya sekam itu beli dimana?
b.Trus pas beli apa langsung ditambahkan atau harus di diamkan beberapa hari agar layu dulu baru bisa di pakai atau gimana?
c.Apa kesulitan dan hama yg sering menyerang sayuran serta cara mengatasinya tanpa harus pake pestisida?

➡Jawaban
6⃣hai dek santi….mau mulai berkebun? sekam bisa di beli di tukang tanaman. Sekam bisa di bakar dulu atau langsung di aduk dengan tanah dan kompos.
Hamanya macam2 dek, ada ulat, apid atau leafminer,belalang, semut, jamur...untuk mengatasinya kita bisa pakai pesnab (pestisida nabati) yang bisa dibuat dari bumbu dapur dan tanaman lain disekitar kita….untuk resepnya itu pelajaran lanjutan yaaa

📌Pertanyaan
7️⃣Elfira dari tangerang
Bagaimana cara agar tanaman yg kita tanam terlihat segar, walau jarang disiram,misal penghuni rumah sedang keluar kota selama beberapa hari, agar tanaman terlihat segar walau jarang disiram bagaimana caranya tanaman itu terlihat segar kembali?


➡Jawaban
7⃣Mba Elfira sayang, tanaman itu sama seperti kita kalau dia kehausan akan lemas sama seperti saat kita kalau lagi puasa,,,,caranya ya disiram….kalau tanamannya sedikit mungkin bisa memakai sistem botol air mineral yang di tanamkan ke media tanam.
coba buka link berikut  https://www.youtube.com/watch?v=S3aAQyhMDnc dan https://www.youtube.com/watch?v=AiQyTwUoxBw

📌Pertanyaan
8️⃣Iriani dari IP Tangerang
a.Saat ini saya sedang regrow green onion dengan media air, sudah tumbuh tunas baru dan pucuknya dan hari ini berencana mau dipindahan ke media tanah, apa ada tata cara khusus pemindahannya atau bisa langsung dipindahkan?
b. Jenis sayuran apa saja yang cocok dengan kondisi cuaca jakarta dan sekitarnya saya ingin menanam beberapa jenis sayuran tapi lahannya kecil jadi pakai media pot rencananya.

➡Jawaban
8⃣Waaa mba Iriani kerreen👍🏻😍
a.Langsung saja pindahkan mba,,,bismillah terus doakan semoga tumbuh dengan baik….onion tidak suka media yang terlalu basah. begitu dipindahkan simpan ditempat teduh dulu tapi kena sinar matahari.
b.Sayur apa yang kelurga mba suka? Bayam, selada dan kangkung mungkin bisa di coba….atau sawi2an seperti pakchoy, samhong

📌Pertanyaan
9️⃣Novi_wonogiri
a. Bagaimana membersihkan plastik bekas minyak atau deterjen agar bisa digunakan sebagai tempat tanaman?
b. cara menggemburkan tanah yang keras agar subur dicampur dengan apa?

➡Jawaban
9⃣hallo mba novi
a. setelah plasti di potong letakkan dengan posisi terbalik sehingga sisa minyak atau deterjen turun atau bisa juga di cuci.
b. Campur dengan sekam dan kompos.

📌Pertanyaan
1️⃣0️⃣Dina, jember.
a.Saya menanam sayur, pakcoy sawi di pot panjang, saya isi beberapa, kok saya liat pertumbuhannya ada yg Sgitu aja, stagnan, ada yg tumbuh tapi ndak signifikan. Ada 1 yg menurut saya sukses gemuk, sedang lainnya biasa2 saja. Kenapa ya?
b.Jika tanaman yg saya tanam dirasa tidak ada pertumbuham, bolehkan di ganti dgn yg baru?
c. Saya coba menanam wortel.... Tapi pertumbuhannya serasa bgitu2 aja. Tidak ada perubahan yg siginifikan.
Saya menggunakan tanah yg saya beli di kios bunga. Karena saya tidak memiliki lahan. Tiap 3/4 hari sekali saya memberi nutrisi. Ab mix ( yg sebenarnya saya akan gunaka utk hidroponik nanti).
Saya beberapa kali menanam seldri, tapi tidak berhasil. Tidak ada tanda kehidupan....
Mohon petunjuknya bunda. Jazakillah khair
d.Masa panen pak coy, sawi, wortel n buncis, kangkung, bayam merah, selada dan tomat  itu brapa lama ya?

➡Jawaban
🔟hallo mba Dina

a.  pertumbuhan yang tidak seragam bisa terjadi karena kualitas benihnya mba.
b. itu keputusan yang sangat tepat sekali….kalau tidak maksimal segera move on…
c.  mungkin benihnya kurang bagus, biasanya tanaman yg diberi nutrisi ABmix pertumbuhannya cepat.
Untuk seledri memang gampang2 susah mba….teman2 miss sesama penghobby juga mengalami hal  yang sama, seledri ini sproudnya lama….tapi jangan menyerah mba keep trying….jam terbang membuat kita jadi lebih mahir nanti.
d.  Masa panen bisa di lihat di kemasan benih….atau mba bisa searching

📌Pertanyaan
1️⃣1️⃣Ayu-sukoharjo
a.Untuk pemula sebaiknya tanaman apa yg sy pilih untuk ditanam?
b.Adakah trik khusus agar tanaman bisa tumbuh dg baik, krn ada yg bilang berkebun itu seperti cocok2an.

➡Jawaban
1⃣1⃣hallo mba Ayu….
a. bayam, kangkung, selada
b. ada mba….dirawat penuh kasih sayang, di doakan, di sholawatkan ajak ngobrol….itu yang miss yuli lakukan hehehe….miss yuli termasuk yang tidak percaya dengan cocok2an….karena ms dulu setiap bertanam selalu mati...tetapi setelah di coba terus, sekarang bisa kok. Yang penting sabar dan usaha terus.

Sekian bahasan KulWap kali ini,semoga bermanfaat bagi saya khusus nya yang lagi on fire untuk berkebun organik, juga bagi pemula yang lain nya.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Terimakasih resumenya mba put..😍👍
    Mba put minta materinya dong..hehe

    BalasHapus