Langsung ke konten utama

Seru (nya) Bermain Peran

Institute Ibu Profesional memiliki mantra dasar untuk membangun kekompakan bersama anggota keluarga, yaitu :

Banyak Main Bareng 
Banyak ngobrol bareng
Banyak beraktivitas bareng

Jadi "Main" bareng anak merupakan salah satu cara kita untuk bisa kompak sama anak-anak. Saya memang merasakan benar jika sering main dengan anak-anak kita akan tahu cara mereka belajar, tahu betapa tinggi imajinasi nya, dan juga seberapa fair mereka pada saat bermain dengan cara mereka yang super gemessss. 

Melalui Time Line di media online bertebaran banyak nya ragam kegiatan bermain untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak,salah satu nya ialah Bermain Peran. Permainan ini sering kami mainkan bersama-sama dengan properti seadanya tapi tetep seru juga dan membuat anak-anak ketagihan lagi untuk bermain bersama kita.

Yook intip peran apa saja  yang sering kami mainkan dirumah :

1. Bermain Peran Sebagai Fire Man atau Pemadam Kebakaran

Awalnya anak-anak melihat peran ini di film kartun kesayangan yaitu Ipin & Upin tapi di film ini tugas  Fire Man terlihat hanya sebatas memadamkan kebakaran dan membantu Tok Dalang yang rumah nya kemasukan ular saja. Padahal tugas Fire Man tidak hanya itu lalu untuk memperkaya pengetahuan tentang apa saja tugas Fire Man saya mencari referensi nontonan kartun yang lain nya yaitu Fire Man Sam . Nah baru deh di film itu kami melihat banyak tugas-tugas mulia dari Bapak dan Ibu petugas pemadam. 

Sebenarnya yang suka sekali peran ini tuh Zaltan (3yo6mo) karena tugas Pemadam lebih melekat pada tugas-tugas berat lelaki (menurut Bunda nya). Tapi Alhamdulillah Teteh Ziya (4yo10mo) bisa menikmati juga peran ini. Supaya kita mendalami peran perlu properti donk biar makin seru main nya. Properti ga perlu mahal dan beli baru kan Bund, kami biasa pakai barang-barang yang sering dipakai dirumah. 

Barang rumahan yang kami pakai untuk bermain peran sebagai  Fire Man :
  • Baju orange khas pemadam diganti dengan jaket hujan anak dan beruntung warna nya kuning.hehhe
  • Penutup kepala bisa diganti dengan helm
  • Pipa penyemprot air bisa diganti dengan selang biasa untuk menyiram tanaman
  • Dan yang tak kalah penting nya yaitu serius mendalami karakter...
kalau sudah lengkap begini kami siap menjadi Fire Man  ala ala. Dari menyemprot rumah-rumahan yang dalam imajinasi terjadi kebakaran sampai menyelamatkan kucing tetangga yang sebenarnya kucing itu tidak dalam bahaya hahawhwaha. Ahhh seru sekali, bahkan jika ada piala Grammy Award mungkin kami bisa jadi pemenang.hihihi

2. Bermain peran sebagai Astronot

"Terusss kita main apa lagi Bund???" kata anak-anak. Mereka belum puas bermain bersama Bunda nya. Pertanda baik, bahwa main bareng saya bisa ga buat mereka boring. In the meaning , si Bunda asik juga diajak maen bareng. Dan saya ga mau menyia-yiakan moment yang ga datang lagi ini karena sebentar saja mereka sudah besar. Ditengah ngos-ngosan habis menjadi Pemadam dipaksa mikir untuk permainan berikut nya. Wow Amazing.  Memang yang nama nya ide terkadang  datang disaat terdesak. "Kita main Astronot aja yuukk ". entah ni ide dapet dari bisikan apaaahhh,  tapi yang pasti  karena properti yang sama sebagai pemadam bisa digunakan sebagai properti untuk main astronot.

Properti sebagai Fire Man bisa digunakan untuk properti bermain peran selanjut nya yaitu sebagai Astronot. Gini :
  • Baju Astronot memakai Jas Hujan
  • Penutup kepala memakai Helm
  • Gambar-gambar Planet
Lalu bergaya jalan seperti bumi ini bergrafitasi rendah, melayang-melayang. Hihiihi saya suka geli nih nahan ketawa. 

Walaupun hanya permainan sebaiknya kita orang tua membekali diri dengan ilmu. Seperti bermain Astronot ini saya harus mengetahui setidak nya nama-nama dan bentuk planet. Karena disaat anak-anak merasa happy kala bermain disitulah waktu belajar yang paling baik.

3. Bermain peran sebagai Make Up Artis

Nah yang ini bagian nya Teteh Ziya donk pastinya, siapa  role model nya ? iyahhh Bunda. Kesukaan saya ber-make up membuat Ziya meniru saya. Kerena ziya masih kecil saya belikan make up kit khusus anak-anak dengan label "natural" atau "organik" sehingga aman di kulit anak. Jadi dia punya make up khusus sendiri di kala kami lagi main peran ini.

"Hayyy gaessss, aku Ziya dan ini Bunda akuuuhh. kita mau make up supaya cantik". Doi bergaya ala ala make up artis profesional yang sering buat tutorial make up. I swear, i can't do as good as she do. hahaha peran nya poolll. Setelah cuap cuap bla bla bla, mulai lah dia berkreatifitas dengan media muka saya dengan peralatannya. Lima menit setelah nya Ziya berhasil membuat muka Bunda seperti lukisan abstrak. Ga pa pa yang penting dia senang dan belajar berkreatifitas.

Ide main peran ini terkadang bukan hanya muncul dari Bunda nya tapi juga dari anak-anak, mereka itu imajinatif sekali. Saat bermain peran sebagai apa pun ekspresi nya pasti pooll . Selain tiga permainan diatas kami juga main peran sebagai guru,dokter, operator alat berat dan masih banyak lagi, kalau mau ditulis semua bisa keriting tangan Bunda. hahaha

Banyak bertebaran artikel tentang manfaat bermain peran ini di media online, bahkan bermain peran kerap dimasukan ke dalam kurikulum PAUD dan TK karena terbukti dapat menstimulasi kemampuan anak dengan baik. Tunggu apa lagi Bund, yook bermain peran bersama si kecil.

Nah mau tau permaian seru apa lagi ya yang bisa kita mainkan bareng anak-anak. Yook intip blog nya temen saya Mbk Evi.






  






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Nuvasa Bay yang Instagrameble

Jalan yook ke Nuvasa Bay, Pantai yang terletak di Jl. Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau 29465 ini banyak "tawaran menarik" nya yesss menarik isi dompet untuk keluar tanpa tau jalan pulang lagi. Halaaahhh.
Bagi para pecinta foto dengan tujuan di apload ke sosmed dan ga pake parkir di galery untuk semalam, pantai ini surga sekali. Banyak spot foto yang cantik bagai dewi kayangan.
Harga tiket masuk nya lumayan murah kalau hanya untuk berpose cantik disini yaitu dewasa Rp.35.000/pax (12 thn keatas) & anak-anak Rp.25.000/pax (5 s/d 12 thn). Tiket masuk kamu bisa tukar dengan minuman dan makanan ringan disini nah ga rugi kan.hehehe.
Tapi kalau kamu suka berpetualang dan menyicipi berbagai water sport  ( banana boat, kayak, aqua adventure, dll ) dan land sport  ( latihan tembak, memanah, mangrove tour, dll ) disini, kamu harus menyiapkan buget lebih.
Untuk yang mau family time seperti saya dan tidak pada saat week end, jangan lupa bawa amunisi bekal yang…

Yook !! ke Taman Kelinci Batam

Assalamu’alaikum…
Warga batam sekarang patut berbangga loh pasal nya ga perlu jauh-jauh ke pulau jawa untuk mengunjungi taman kelinci. Karena hari Sabtu, 21 April 2018 sudah di buka untuk umum “Taman Kelinci” berlokasi di Jl. Ir. Sutami, Tanjung Pinggir,Sekupang. Tempat nya bersebrangan dengan Hotel Acacia di sekupang.
Wiiii seneng deh saya ada tempat seasik ini untuk mengedukasi anak-anak. Kebetulan sekali, Ziya & Zaltan baru beli buku tentang kelinci, berasa passsss banget tempat ini untuk kami singgahi. “Taman Kelinci” ini memiliki sekitar empat puluh ekor kelinci. Harga tiket masuk nya 10k untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak 5k saja. Murahhhh kan???!!!
Diloket pembayaran tiket, pengunjung diberi seikat kecil sayuran kangkung untuk memberi makan kelinci. Tempat ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 - 16.00 Wib.
Pintu masuk ke Taman Kelinci
Anak-anak kelinci yang belum boleh keluar kandang dan belum boleh dipegang pengunjung

Disediakan area khusus untuk kelinci, area ini dipaga…

Water Boom Puri Selebriti Batam

Anak anak girang banget kalau diajak aktivitas air nih,,,apalagi berenang,,,wow langsung deh senyuman mengembang selama seminggu kedepan karena pasti bakal jadi bahan obrolan dirumah terus menerus mengingat setiap detail aktivitas berenang nya mereka.

Bertolak dari rumah jam 10.00 WIB, tujuan nya adalah pantai Nuvasa Bay , tapi oh tapi hari itu air laut surut rut rut walaupun udah kami tunggu sampai sore rupa rupa nya air ga mau pasang 😥

Takut mengecewakan anak anak yang udah sumringah dari malem sebelum berangkat, lagian juga malu sama peralatan renang lengkap yang udah dibawa. Mereka pasti mencibir karena udah dibawa tapi ga kepake. Huuuuuu.😝

Baiklah kita ganti tujuan renang aja, yaitu ke WATER BOOM PURI SELEBITI. Saya sih bilang ini mini water boom karena ga terlalu besar tempat nya tapi lumayan lengkap loh fasilitasnya. Waterboom ini nempel sama perumahan nya yaitu perumahan Puri Selebriti Batam Centre (yaiyalah, info macam apa ini) jadi kamu ga perlu ribet nyari alamat nya.
D…