Pilihan Olahraga Untuk Anak-anak

Mei 27, 2018




Pada jadwal harian anak-anak di setiap pagi nya setelah Abi berangkat kerja kira-kira pukul 08.00 wib adalah olah raga. Bukan yang berat kami hanya jalan-jalan kecil karena usia mereka masih dibawah lima tahun paling tidak keliling komplek perumahan. Untuk menghindari kebosanan saya juga mengajak mereka olah raga keliling pantai dekat rumah, taman terbuka hijau yang menyediakan spot olah raga atau juga ke arena bermain anak fasilitas perumahan sebelah (hehhe).

Pantai di dekat rumah, olahraga sambil mengenalkan berbagai ciptaan indah Sang Khalik

Arena bermain anak,fasilitas perumahan sebelah. Heheh

Selain menghindari bermalas-malasan sambil nonton tv dirumah, moment olah raga saya mantaafkan untuk tadabbur alam sekitar. Mengenalkan anak-anak kepada lingkungan sekitar. Karena ilmu Bunda yang terbatas, Bunda mengenalkan anak-anak pada tumbuhan yang saya sudah tau sebelum nya. Agar mereka cepat dapat jawaban dari saya jika ada pertanyaan.

Menyentuh,mencium bahkan adalah cara perkenalan mereka dengan tumbuhan di sekitar saat olah raga. Selanjutnya menyebut nama, warna, bentuk dari buah,pohon dan daun. Dan dikunci dengan kalimat “ ini semua yang menciptakan Allah, hebat ya Allah bisa ciptakan ini semua, orang lain mah ga bisa”. Alhamdulillah mereka senang olah raga sambil belajar seperti itu.

Saya juga sudah membuat rencana untuk menambah kegiatan olah raga anak-anak seiring bertambah nya umur mereka. Tentu nya saya pilihkan olah raga sunnah, seperti memanah, berenang dan berkuda. Sekarang olah raga jenis ini sudah banyak penggemarnya itu arti nya sudah banyak pula lapak untuk belajar olah raga ini. Alhamdulillah semakin banyak orang yang tau manfaat dari olah raga yang di anjurkan oleh Nabi.

“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim).

”Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim)

Tahapan Usia Olahraga Sunnah
Menurut Coach Defrizal, S.Or, konsep pembinaan fisik anak menurut islam adalah :
  • Usia 1-6 tahun: ajari anak berenang
  • Usia 6-10: ajari anak memanah
  • Usia 10 th keatas: ajari anak berkuda

Olahraga yang dianjurkan islam untuk anak-anak ternyata olahraga yang membangun diri (self development). Bukan olahraga konfrontatif (sepakbola dsb).

> Usia 1-6 anak diajari berenang, dengan belajar berenang anak jadi berani (tidak takut air), bugar, dsb

> Usia 6-10 th saat anak meningkat egonya dan cenderung ga bisa anteng,maka diajari memanah. Maka akan lebih tenang, fokus, bertanggung jawab.

> Usia 10 th ke atas: diajarkan berkuda. Belajar mengendalikan makhluk lain, memegang kendali/memimpin. Ada satu bagian tubuh yang hanya bisa dilatih  optimal dengan olahraga berkuda. Yaitu tulang punggung. Olahraga berkuda ternyata menguatkan punggung. (sumber google : Panahan, Olahraga Sunnah Rosul )

Nah karena seharus nya di usia sekarang, Ziya & Zaltan sudah harus belajar renang. Saya sedang mencari-cari info tentang kursus renang bagi anak. Buat para orang tua yang tau info yang saya butuhkan, please tulis dalam kolom komentar ya.

Mampir ya ke blog nya mbk Lilies di Lilies Her's | write it then feel it.

You Might Also Like

6 komentar

  1. Berenang nih jadi salah satu jadwal anak2 yang masih butuh kekonsistenan orangtuanya hehehe. Pengen banget ada jadwal rutin untuk renang .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bagus di kursus-in yah biar berenang nya ga cuma kecepek-kecepek kyk bebek. Heheheh

      Hapus
  2. Haha aqila alhamdulillah dari baby sudah suka berenang. Tp sekarang malah biasa aja gak kayak dulu lg. Padahal lumayan hampir rutin. Hampir 🤣

    BalasHapus
  3. hayooo saya boleh ngikut nggak itu ntar kalo pas lagi olahraga memanah sama berkuda. penasaran juga ..... tapi nunggu berapa tahun itu ya

    BalasHapus
  4. terimakasih sharingnya mba put,, self development (suip). berenang di sukajadi 240 ribu per bulan, 4 kali pertemuan. Barrata juga rencana mau les ini.. klo barra nya lanjutan (dulu dah pernah les di Jawa)

    BalasHapus
  5. Waa ada Coach Def, beliau salah satu Coach panahan saya mba, he's so inspiring...😍

    Soal renang, peer sy juga nih, Umar mau dikenalin dengan renang dari bayi..

    BalasHapus