Pecel rasa Kesel

Januari 04, 2018


Pernah nonton film Saus Kacang??? Yg pemeran utama nya Bunga citra lestari & ashraf sinclair. Difilm nya ada adegan kalau si Bunga lagi kesel & sakit hati melampiaskan semua itu dengan menumbuk kacang yg ditambah beberapa ramuan menjadi saus kacang.

Ga mau bahas film, tapi saya punya sedikit cerita unik tentang saus kacang/saus pecal/kuah pecal atau apalah apalah sebutan nya.

Ehh ya, mau share resep duluan atau share cerita dulu nihh ??? ( ada terdengar sayup sayup suara yang minta resep duluan nih ) Ohmmm baiklah karena saya ga terlalu suka masak tapi suka bercerita  saya share cerita duluan. (Huuuuuu dan tetiba seperti terdengar orang yang bilang KAMU J-A-H-A-T pake intonasi Dian Sastro). Hehehehhe

Seorang saudara sekaligus teman curhat yg ada jadwal visit Selasa pagi ternyata mangkir jadi selasa siang karna rumah kami mendaki gunung lewati lembah dan langit yg selalu meringis adalah alasan nya.

Sesi curhat telah dibuka, bukan salah satu dari kami yg curhat tapi kami berdua yg saling sharing, mulai dari sharing kekesalan sampai sharing kebahagian.

Diawali dg cerita kesal,tumpah ruah kekesalan , seperti nya api buka cabang di hati krn pembicaraan makin membara, panjang lebar sampai laparrrr. Entah krn kesal atau memang belum makan dari pagi.

Saya masak pecal hari itu tapi memang nunggu teman makan baru di buat saus nya, karna cerita terkesal hari itu dipersembahkan oleh kerabat saya jadilah dia yg membuat saus kacang nya karena menurut survei film saus kacang kalau kesal tumbuk kacang saja biar terlampiaskan . Its not make sense guys,,,biarin,,weekk,,yang penting happy. Biar kesal nya bubar harus ada tambahan cabe rawit sebanyak kekesalan yang anda rasakan. 

Dan ini dia resep nya :

Bahan :

Bayam rebus
Toge rebus
Kol rebus
Wortel rebus
Kacang panjang rebus
Lontong
Bawang goreng
Kerupuk

Bahan bumbu :

Kacang tanah goreng 4 sendok makan
Gula merah 1/2 balok kecil
Bawang putih satu siung
Terasi sedikit
Garam 1/2 sendok teh
Cabe rawit sesuai selera
Daun jeruk satu lembar
Air asam jawa 2 sendok makan
( untuk 1 porsi )

Cara membuat :

Ulek bawang putih, cabe rawit, garam, terasi, daun jeruk sampai hancur. Tambahkan kacang tanah dan gula merah ulek sampai hancur. Tambahkan air asam dan air putih supaya tidak terlalu kental. Susun sayuran rebus dan lontong diatas piring lalu siram dengan saus kacang. Sajikan dengan bawang goreng dan kerupuk.


Jangan khawatir masalah rasa, eemhhh enak. Ini masih misteri bagi saya, kenapa makanan ini bisa enak padahal dibuat nya dg rasa kesal, jauh dari tag line para blogger masak "cooking with love". Kekesalan hari itu menimbulkan rasa yg beragam di hati juga lidah.

Yukk jalan-jalan ke blog nya mbk Nurbaini banyak cerita seru disana. 

You Might Also Like

7 komentar

  1. Wah enak ni resepnya Mbak perlu di coba........😍😍😍😍

    BalasHapus
  2. wenak inihhhh. suka pecelll, suka belinya, masaknya blm prnh hehe

    BalasHapus
  3. Jadi kalo mau masak harus kesal dulu mbak biar enaaaakkk?????
    :-)

    BalasHapus
  4. biasanya bumbu ditambah cinta.. ini tambahnya...... hahaha

    BalasHapus
  5. Beeuuhh.. Ini mah resep saya ga bs praktekin..soalnya klo kesel (tambah) males masak..XD

    BalasHapus
  6. tuh kan ketauan keselnya mbak putri nih, .... krupuk aja ampe diremekin kaya gtu......

    BalasHapus
  7. Ini pecal kan ya bukan pecel wkwk. Saya favorit sekali sama pecel krn saya orang jawa, saking gagal moveon bumbu kacangnya pun dikirim dr jawa wkwk. Ampun klo suruh nguleg bumbunya mbaa put, pesen aja boleh ga sm mba putri

    BalasHapus